Digelar ke-4 Kalinya, BPS Bina Desa Lapapa jadi Desa Cantik Pembinaan ke-4 Desa Lapapa sebagai Desa Cantik

Berita22 Dilihat

Digelar ke-4 Kalinya, BPS Bina Desa Lapapa jadi Desa Cantik Pembinaan ke-4 Desa Lapapa sebagai Desa Cantik

CLS NEWS.CO.id — Luwu Utara — Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Luwu Utara melakukan pembinaan Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) Tahun 2024 di Desa Lapapa, Senin (21/10/2024).

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Luwu Utara, Ayyub Parlin Ampulembang mengatakan program Desa Cantik ini dilaksanakan setiap tahunnya untuk meningkatkan literasi dan kesadaran aparat dan masyarakat desa dalam pengelolaan data statistik.

“Melalui program Desa Cantik ini, perangkat serta masayarakat desa diharapkan dapat berperan aktif dalam kegiatan statistik yang dapat menunjang pengambilan keputusan berdasarkan data,” kata Ayub.

“Setelah dilakukan pencanangan Desa Cantik pada 20 Agustus 2024, BPS Kabupaten Luwu Utara melakukan pembinaan terhadap seluruh aparat Desa Lapapa,” terangnya.

Fokus pembinaan Desa Cantik di Desa Lapapa ini, lanjut Ayub adalah meningkatkan kemampuan aparat desa dalam mengolah data dan juga memvisualisasikan data atau informasi melalui pembuatan infografis.

Pada pembinaan pertama dan kedua, aparat Desa Lapapa diberikan materi terkait keterampilan teknis dalam tabulasi data dan pembuatan infografis.

“Pada pembinaan ketiga, mereka juga diberikan keterampilan untuk menghasilkan web Desa Lapapa yang berisi data-data dan monografis Desa Lapapa,” ucapnya.

“Infografis yang dihasilkan dalam pembinaan dipublikasikan pada web tersebut, sehingga web Desa Lapapa menjadi sarana yang efektif bagi masyarakat untuk mengakses informasi penting desa. Web Desa Lapapa ini diberikan nama SIDELA (Sistem Informasi Desa Lapapa),” jelas Ayub.

Pada pembinaan keempat, dalam arahannya, Ayub menekankan pentingnya untuk memanfaatkan hasil pembinaan Desa Cantik ini secara berkelanjutan.

“Kami berharap agar perangkat desa benar-benar memanfaatkan keterampilan yang telah dipelajari. Website Desa Lapapa/SIDELA juga supaya diperbarui secara berkala agar informasi yang disajikan selalu relevan dan up to date. Dengan adanya SIDELA, data Desa Lapapa bisa diakses oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun, tanpa perlu datang ke kantor desa. Ini merupakan inovasi yang sangat bagus dalam hal peningkatan pelayanan publik Desa Lapapa,” jelas Ayub.

Kepala Desa Lapapa, Tawakkal, menyampaikan ucapan rasa terimakasih kepada BPS atas kegiatan pembinaan Desa Cantik ini.

“Kami sangat menghargai kegiatan ini, biasanya kegiatan seperti ini membutuhkan anggaran, namun BPS memberikan pelatihan ini tanpa biaya. Kami berharap apa yang telah dipelajari bisa diaplikasikan dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu Wenny Novita dari Dinas Kominfo Kabupaten Luwu Utara, mengungkapkan apresiasinya terhadap kegiatan pembinaan Desa Cinta Statistik.

“Pembinaan Desa Cantik ini adalah langkah yang sangat baik dan merupakan inovasi yang besar untuk menjadikan Desa Lapapa sebagai Desa Digital dan dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain”, tegasnya.

Diketahui kegiatan pembinaan Desa Cantik keempat ini sekaligus sebagai penutupan program Desa Cantik di Desa Lapapa, sekaligus menjadi awal baru bagi Desa Lapapa dalam mengelola dan membagikan data, dengan harapan Desa Lapapa bisa lebih berkembang dalam menggunakan teknologi digital. (Rn – RaNia LaNi )

Komentar