*Dari Dialog Akhir Tahun IPM Balebo: Lakukan Kebaikan, Lupakan Keburukan*

Berita178 Dilihat

CLS NEWS CO.id — Luwu Utara – Menjaga diri dari sesuatu yang akan merusak diri, sekaligus membahayakan diri sendiri, adalah dengan senantiasa melakukan kebaikan agar bisa melupakan keburukan.

Demikian disampaikan Uswatun Hasanah Junaid saat menjadi narasumber Dialog Akhir Tahun yang dilaksanakan Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Balebo Luwu Utara, Ahad (31/12/2023), di Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Balebo.

“Menjaga diri adalah sesuatu yang sangat simple, namun sulit untuk diaktualisasikan,” ucap Uswatun. Untuk itu, kata dia, ada beberapa langkah yang mesti dilakukan, selain melakukan kebaikan, di antaranya adalah selalu memiliki rasa takut kepada Allah.

Tak hanya itu, lanjut dia, langkah selanjutnya atau langkah yang ketiga adalah membiasakan menerapkan akhlak yang baik, serta yang keempat, mendengarkan segala nasehat. Kelima, bergaul dengan orang yang berakhlak baik.

“Kesombongan adalah selimut Tuhan dan siapa yang merebutnya berarti dia menyaingi Tuhan”, ucap Uswatun mengingatkan. Ia juga menjelaskan bagaimana meraih masa depan yang lebih baik. Menurutnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk meraih masa depan yang lebih cerah.

“Pertama, jangan men-judge seseorang dari cover-nya. Kedua, kecantikan seseorang terlihat dari akhlaknya. Ketika akhlaknya bagus, maka keseluruhannya akan bagus. Berikutnya, menghindari teman yang toxic, dan belajar dengan penuh ketekunan,” terang dia.

“Langkah selanjutnya adalah berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain, serta menyempurnakannya dengan istiqomah,” sambungnya.

Sebelumnya, Pembina IPM Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Balebo, Helna Yana Kamal, mengatakan bahwa dialog akhir tahun ini dilaksanakan sebagai refleksi dan muhasabah diri untuk menjadi lebih baik dari pada sebelumnya.

Sekadar diketahui, kegiatan ini dihadiri oleh seluruh santri putri I, Kader IMM, dan Pimpinan Ranting IPM Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Balebo Putri. Adapun tema yang diangkat adalah “Menjaga Diri untuk Masa Depan yang Cerah”. (L/HS)

Komentar