Disdik Provinsi Membuka Kegiatan Seminar Pendidikan (Wibenar) Dengan Tema….

Berita51 Dilihat

Makassar – CLS NEWS.Co.id – Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Prof Dr Muhammad Jufri, MSi, MPsi, Psikolog membuka kegiatan seminar pendidikan (wibenar) dengan tema ‘Kiat Sukses Merebut Kursi Perguruan Tinggi di Masa Pandemi’ di ruang e-Panrita Disdik Sulsel, Jl Perintis Kemerdekaan Km. 10 Tamalanrea Makassar, Rabu (3/2).

Hadir mendampingi Kadisdik Sulsel, Sekretaris Disdik Sulsel, H Hery Sumiharto, SE.M.Ed, Kepala UPT PTIKP, Dra Hj Andi Hidayati, MSi, Kepala Seksi PSBBTIK, Zulkhair Akbar, S.STP, MSi.

Kegiatan webinar yang diprakarsai oleh Kubik Learning Centre ini diikuti para Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I – XII, para Kepala UPT SMA, SMK dan juga para Ketua OSIS SMA, SMK se Sulawesi Selatan.Baca Juga

Kadisdik Sulsel, Prof Jufri mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Direktur Kubik Learning Centre yang ingin berpartisipasi membantu penyelenggaraan pendidikan di Sulawesi Selatan, utamanya untuk melakukan bimbingan belajar, kiat sukses menembus perguruan tinggi idaman.

Usai membuka webinar, Prof Jufri melanjut memberikan materi dengan tema ‘Energy of Motivation;
Get your unlimited Success’, kekuatan motivasi, dapatkan kesuksesan anda tanpa batas.

Dipandu oleh Hj Andi Hidayati sebagai moderator, Prof Jufri memberikan banyak motivasi kepada peserta didik yang pada umumnya merupakan Ketua OSIS yang tidak lama lagi akan melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi.

Menurut Prof Jufri, kecerdasan seseorang dalam menghadapi dan mengatasi kesulitan terdiri dari tiga tipe, yaitu: (1) Climber, tipe orang yang umumnya tidak mengenal istilah menyerah dalam menghadapi kesulitan, mereka selalu mengupayakan solusi dan sangat mampu bertahan dalam menghadapi kesulitan yang berat; (2) Camper, tipe orang yang masih ada keinginan untuk menghadapi tantangan yang ada, namun tidak dilakukan dengan sepenuh hati atau semampunya, akhirnya mereka gampang menyerah sebelum solusi akhir didapatkan; dan (3) Quitter, tipe orang yang tidak mampu bertahan dalam kesulitan, umumnya mereka akan menjauh dan meninggalkan kesulitan tersebut, mudah putus asa, mudah menyerah, dan cenderung pasif.

Selain itu, Porf. Jufri juga banyak menjelaskan tentang bagaimana membentuk kebiasaan yang baik, bagaimana menciptakan positive thinking, dan bagaiamana bertindaak proaktif. Beliau berpesan, jangan menunggu nasib berubah jadi baik, jika kita tidak segera bertindak dengan baik. Beliau juga menekankan model marcedez yang meliputi pikiran, emosi, dan tindakan. “Pikiran positif akan melahirkan energi positif sehingga menciptakan tindakan positif, begitupun sebaliknya pikiran negatif akan melahirkan energi negatif sehingga menciptakan tindakan negatif,” ujarnya dengan penuh semangat.

Di akhir presentasi, Prof. Jufri berpesan bahwa selalu ada jalan keluar dari setiap permasalahan selama ada keinginan yang berhasrat tinggi. Apabila yang Anda kerjakan tidak berhasil lakukan dengan cara yang berbeda. Kata-kata motivasi tersebut berhasil membangkitkan semangat peserta seminar yang terlihat dari banyaknya ucapan terima kasih yang masuk pada kolom chat atas motivasi yang telah diberikan. # muasri/muzakkirdamir

Liputan – Ancha.R.

Komentar