Kapolda Sulteng dan Danrem 132 Mengecek Langsung Lokasi Kecelakaan Kerja di PT. ITSS

Berita101 Dilihat

Keterangan : Kapolda Sulteng dan Danrem 132 Mengecek Langsung Lokasi Kecelakaan Kerja di PT. ITSS

HamzaH Hunter
Desember 25, 2023

CLS NEWS.CO.ID — MOROWALI-SULTENG – Kapolda Sulawesi Tengah, Irjen Pol. Dr. Agus Nugroho didampingi Danrem 132 Tadulako Brigjen TNI Dodi Triwinarto lakukan kunjungan ke Kabupaten Morowali untuk mengecek langsung lokasi kecelakaan kerja di PT. Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS).

Dihadapan awak media, Kapolda Sulteng mengucapkan keprihatinan serta turut berbela sungkawa kepada keluarga korban kecelakaan kerja yang terjadi di kawasan industri PT ITSS.kata Kapolda Sulteng kepada para jurnalis di PT. IMIP Morowali, Minggu (24/12/2023).

Sebagaimana kita ketahui bersama, pada pukul 05.30 Wita telah terjadi kecalakaan kerja di kawan industri PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) tepatnya di gedung lantai dua dan lantai tiga.

kecelakaan tersebut terjadi bermula ketika tim teknis dari PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) akan melakukan perbaikan terhadap salah satu tungku feronito yang ada dilantai dua.

Namun, pada saat tim teknis melakukan pembongkaran terhadap tungku dimaksud terjadi ledakan disertai dengan semburan api yang mengakibatkan terjadinya kebakaran gedung PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS),”terangnya

Kapolda Sulteng mengungkapkan, Akibat kebakaran tersebut, sebanyak 59 karyawan PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) menjadi korban, dengan rincian 13 korban meninggal dunia terdiri dari 4 korban dari Tenaga Kerja Asing (TKA) dan 9 korban dari Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Secara rinci Kapolda Sulteng menyebutkan,
Selain itu sebanyak 29 korban mengalami luka berat, 12 korban mengalami luka sedang serta 5 korban mengalami luka ringan.

Sementara, untuk korban yang meninggal dunia (MD) saat ini masih berada di klinik kawasan PT IMIP, sedangkan untuk 29 korban luka berat saat ini sudah dirujuk dan ditangani oleh RSUD Morowali serta 12 korban luka sedang saat ini masih dalam tahap observasi di klinik kawasan PT IMIP dan 5 korban luka ringan sudah di pulangkan.

“Ia, menjelaskan, berdasarkan hasil pemantauan di lapangan bersama Danrem 132 Tadulako bersama instansi terkait lainnya, sejatinya di kawan PT IMIP Alarm system dan tanggap segeraan sudah sangat baik.”jelasnya

Pasca kejadian Kapolda Sulteng secara tegas mengatakan pihaknya telah melakukan langkah-langkah antisipasi, pengamanan terhadap tempat kejadian perkara (TKP), untuk saat ini operasioanal PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) kita hentikan sampai adanya penyelesaian dari hasil penyelidikan nanti.

Perlu diketahui, atas kejadian tersebut pihaknya telah membuat tim gabungan terdiri dari penyidik Polda Sulteng bersama Polres Morowali dengan di back up tim penyidik Bareskrim Polri, Tim DVI Biddokkes dan tim Inafis dari Laboratorium forensik Makassar maupun Mabes Polri.”tambah Kapolda Sulteng.
(HS/CLS News.co.id)
Tim Cls News.Co.id : HamzaH Hunter.

Komentar