Pengibaran 777×4 Meter Kain Merah Putih di Bawah Laut Pantai Kilolima Pecahkan Rekor MURI

Berita25 Dilihat

CLS NEWS.Co.id — LUWUK BANGGAI — Sebagai wujud nasionalisme dan patriotisme terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), ratusan penyelam di Kabupaten Banggai mengibarkan kain merah putih sepanjang 777×4 meter di bawah laut pantai Kilolima, Kelurahan Maahas, Kecamatan Luwuk Selatan, Selasa (30/08/22).

Giat pengibaran bendera merah putih di bawah laut dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia ini berhasil memecahkan Rekor MURI yang sebelumnya dipegang oleh Kodam XIII/Merdeka dengan panjang 500×6 meter.

Bupati Banggai Amirudin Tamoreka secara simbolis menyerahkan bendera merah putih kepada Kapolres Banggai AKBP Yoga Priyahutama sebagai tanda dimulainya giat pengibaran bendera merah putih sepanjang 777×4 meter di bawah laut pantai Kilolima Luwuk.

Giat yang diawali dengan penyerahan bendera merah putih secara simbolis oleh Bupati Banggai kepada Kapolres Banggai, AKBP Yoga Priyahutama selaku penanggung jawab kegiatan, untuk selanjutnya diserahkan kepada Ketua Free Dive Banggai untuk dikibarkan.

Ratusan pemyelam yang berasal dari Free Dive Luwuk Banggai, Sper Fishing Babasal, Komunitas Penyelam Luwuk Banggai, Scuba Diver, personil TNI dan Polri, Basarnas, mahasiswa UML serta masyarakat lainnya.

“Pengibaran bendera merah putih sepanjang 777×4 meter di bawah laut pantai Kilolima Luwuk ini bertujuan untuk menggugah rasa cinta tanah air, meningkatkan semangat nasionalisme serta wujud penghargaan atas jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan negara Indonesia tercinta,” ungkapnya.

“Bendera Merah Putih merupakan identitas dan simbol Bangsa Indonesia. Perjuangan para pahlawan tidak selesai, sekarang giliran kita untuk selalu menjaga dan mempertahankan sang Merah putih untuk terus berkibar di Ibu Pertiwi,” tandasnya.

Dandim 1308/Luwuk Banggai Letkol Inf Dony Gredinand bersama sejumlah penyelam di Kabupaten Banggai.

Secara terpisah, Dandim 1308/Luwuk Banggai Letkol Inf Dony Gredinand yang turut berpartisipasi dalam giat ini menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian alam Kabupaten Banggai.

“Kabupaten Banggai memiliki keindahan laut yang sangat luar biasa, anugerah itu wajib kita jaga kebersihan dan kelestariannya. Saya juga mengajak seluruh generasi muda Banggai untuk menekuni dan mencintai olahraga menyelam. Selain bisa membuat kita sehat, juga sekaligus bisa menjaga alam kita,” tutupnya.(Tim CLS news.co.id Sulteng)

Komentar