Sukseskan Program Bangga Kencana, IBI Lutra Sasar Pasangan yang “Terlalu”

Berita63 Dilihat

CLS NEWS COM. Luwu Utara — Ikatan Bidan Indonesia (IBI) bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DP2KB) serta Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan Pencanangan Bulan Bakti IBI – KB – Kesehatan, Selasa 10 Maret 2020 kemarin. 

Pencanangan ini dihadiri Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (IDP), yang juga sekaligus menyerahkan bantuan alat kontrasepsi jangka panjang berupa KB inplan dan IUD kepada IBI Luwu Utara di Puskesmas Kecamatan Sabbang Selatan.

Pencanangan Bulan Bakti IBI – KB – Kesehatan ini adalah salah satu wujud dan upaya untuk menyukseskan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) BKKBN, khususnya di Kabupaten Luwu Utara. 

Program ini menyasar ke pasangan yang dinilai “terlalu”, yaitu terlalu muda hamil, terlalu tua hamil, terlalu sering hamil, dan terlalu dekat jarak persalinannya. “Melalui program ini kita ingin mewujudkan keluarga berkualitas dan pertumbuhan penduduk seimbang,” kata Indah. 

Menurutnya, program ini tidak melarang orang melahirkan, tapi bagaimana ia mampu mengatur jarak kelahiran, sehingga membentuk keluarga yang berkualitas. “Bisa dibayangkan jika pasangan ini kurang teredukasi tentang KB, maka dari itu apa yang dilakukan IBI ini patut kita apresiasi,” imbuhnya.

Sementara Ketua IBI Lutra, Yayu Winarti, menyebutkan, tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas peserta KB sesuai indikasinya serta memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mendapatkan pelayanan KB, khususnya inplan.

“Hari ini kami melayani 150 akseptor dari 12 kecamatan untuk mendapatkan bantuan kontrasepsi jangka panjang berupa inplan dan IUD. Dengan KB inplan dan IUD, kiranya dapat memberikan dampak yang lebih efisien,” harap Yayu. (LHMS)

Komentar