Tips Traveling Cerdas: Mengoptimalkan Pengalaman Traveling ke Jepang dengan Budget Terbatas

Nasional68 Dilihat

CLSNEWS.CO.ID – Ketika merencanakan perjalanan ke Jepang dengan budget terbatas, penting untuk memilih waktu yang tepat. Musim semi dan musim gugur sering dianggap sebagai waktu terbaik untuk mengunjungi Jepang. Pada musim semi, Anda dapat menikmati keindahan sakura (bunga cherry) yang mekar, sementara pada musim gugur, Anda akan disuguhi panorama daun musim gugur yang memesona. Selain itu, hindari musim liburan seperti Golden Week pada awal Mei dan akhir tahun ketika biaya perjalanan dan akomodasi cenderung lebih tinggi.

Memanfaatkan Transportasi Umum

Salah satu cara terbaik untuk menghemat biaya saat traveling ke Jepang adalah dengan memanfaatkan sistem transportasi umum yang efisien. Kartu Suica atau Pasmo adalah pilihan yang sangat baik karena memungkinkan Anda untuk naik kereta, bus, dan bahkan membeli barang di sebagian besar toko dengan satu kartu. Selain itu, mengambil penerbangan murah atau menggunakan JR Pass jika Anda berencana untuk banyak bepergian antar kota juga bisa menjadi pilihan hemat biaya.

Memilih Akomodasi yang Terjangkau

Saat mencari akomodasi di Jepang, pertimbangkan untuk menginap di guesthouse, hostel, atau ryokan yang menawarkan tarif lebih terjangkau daripada hotel-hotel besar. Banyak hostel di Jepang menyediakan kamar-kamar tidur bersama dengan fasilitas umum seperti dapur bersama dan ruang tamu, yang dapat membantu Anda menghemat biaya makan dan minum selama perjalanan.

Menikmati Makanan Lokal dengan Harga Terjangkau

Salah satu keuntungan besar dari berlibur di Jepang adalah kelezatan makanan lokal yang beragam. Untuk menghemat biaya, hindari restoran mewah di pusat kota dan cobalah makan di izakaya (pub Jepang) atau ramenya (restoran ramen). Menu di izakaya biasanya menyediakan berbagai jenis hidangan dengan harga terjangkau, sementara ramenya menawarkan ramen otentik dengan harga yang lebih murah daripada restoran ramen internasional.

Mengunjungi Tempat Wisata Gratis atau Terjangkau

Jepang dikenal dengan sejumlah tempat wisata yang indah dan bersejarah. Untuk mengoptimalkan pengalaman Anda tanpa menguras anggaran, manfaatkan tempat-tempat wisata gratis seperti taman-taman kota, kuil-kuil tradisional, dan festival lokal yang sering kali tidak memerlukan biaya masuk. Selain itu, membeli paket wisata untuk beberapa atraksi sekaligus bisa menjadi pilihan hemat biaya daripada membeli tiket satu per satu.

Tips Hemat dan Tambahan

  • Bawa botol minum sendiri: Di Jepang, air keran aman untuk diminum, jadi bawa botol minum sendiri untuk menghemat biaya beli air.
  • Manfaatkan aplikasi travel: Aplikasi seperti Google Maps dan aplikasi transportasi Jepang dapat membantu Anda merencanakan rute dengan lebih efisien.
  • Cari tiket diskon: Banyak toko, atraksi, dan transportasi menawarkan diskon untuk turis, jadi pastikan untuk mencari tahu sebelum berangkat.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda bisa mengoptimalkan pengalaman traveling ke Jepang meskipun dengan budget terbatas. Jepang tidak hanya menawarkan keindahan alam dan budaya yang luar biasa, tetapi juga berbagai pilihan pengalaman seru yang tidak harus mahal. Jadikan perjalanan Anda ke Jepang tak terlupakan dengan memanfaatkan setiap kesempatan dengan bijak! (*/dirman)

Komentar