Waspada! Inilah Gejala Jantung Bengkak yang Harus Diketahui

Featured63 Dilihat

CLSNEWS.CO.ID – Jantung adalah organ vital yang memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Namun, terkadang jantung dapat mengalami masalah, salah satunya adalah jantung bengkak. Jantung bengkak, juga dikenal sebagai gagal jantung, adalah kondisi serius yang membutuhkan perhatian medis segera. Dalam artikel ini, kita akan membahas gejala jantung bengkak yang perlu Anda ketahui untuk mendapatkan penanganan yang tepat, menghindari komplikasi serius dan bisa merasakan pengalaman sembuh dari jantung bengkak yang baik.

Pembengkakan Tubuh

Salah satu gejala utama jantung bengkak adalah pembengkakan tubuh, terutama di kaki, pergelangan kaki, dan perut. Hal ini disebabkan oleh penumpukan cairan yang disebabkan oleh gagal jantung. Ketika jantung tidak mampu memompa darah dengan efisien, cairan dapat menumpuk di berbagai bagian tubuh, menyebabkan pembengkakan yang terlihat dan terasa. Pembengkakan ini bisa menjadi tanda peringatan penting bahwa ada masalah dengan jantung Anda.

Sesak Napas

Sesak napas adalah gejala lain yang umum terjadi pada orang dengan jantung bengkak. Ketika jantung tidak berfungsi dengan baik, darah tidak dapat mengalir ke seluruh tubuh dengan efisien, termasuk ke paru-paru. Ini dapat menyebabkan penumpukan cairan di paru-paru, yang membuat sulit bagi Anda untuk bernapas dengan baik. Sesak napas bisa terjadi bahkan saat Anda sedang istirahat atau melakukan aktivitas ringan.

Kelelahan dan Kelemahan

Jantung bengkak juga dapat menyebabkan kelelahan dan kelemahan yang tidak wajar. Ketika jantung berjuang untuk memompa darah dengan baik, tubuh Anda mungkin tidak mendapatkan pasokan oksigen dan nutrisi yang cukup. Hal ini dapat menyebabkan Anda merasa lelah dan lemah sepanjang waktu, bahkan setelah beristirahat yang cukup. Kelelahan yang berkepanjangan dan tidak dapat dijelaskan adalah tanda bahwa Anda perlu mencari perhatian medis.

Nyeri Dada

Nyeri dada atau rasa tidak nyaman di dada juga bisa menjadi gejala jantung bengkak. Hal ini disebabkan oleh tekanan yang meningkat di dalam dada akibat penumpukan cairan di sekitar jantung. Nyeri dada yang terkait dengan jantung bengkak seringkali terasa seperti tekanan, berat, atau sesak. Ini adalah tanda bahwa jantung Anda sedang berjuang dan perlu perhatian segera.

Nyeri Perut dan Kehilangan Nafsu Makan

Beberapa orang dengan jantung bengkak juga dapat mengalami nyeri perut dan kehilangan nafsu makan. Ini disebabkan oleh penumpukan cairan di perut, yang dapat menyebabkan perut terasa kembung dan tidak nyaman. Kehilangan nafsu makan juga dapat terjadi karena tubuh Anda tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup akibat gangguan pada fungsi jantung.

Jantung bengkak adalah kondisi serius yang membutuhkan perhatian medis segera. Gejala seperti pembengkakan tubuh, sesak napas, kelelahan, nyeri dada, nyeri perut, dan kehilangan nafsu makan adalah tanda-tanda bahwa ada masalah dengan jantung Anda dan Anda perlu mencari bantuan medis. Segera hubungi dokter Anda jika Anda mengalami gejala-gejala ini untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat. (*/dirman)

Komentar