Lagi, IDP Jadi Narsum di Kelas Nusantara. Paparkan Kepemimpinan Kewirausahaan

Berita36 Dilihat

CLS NEWS COM. Makassar, Sulsel — Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani jabarkan konsep kepemimpinan kewirausahaan, saat didaulat menjadi narasumber pada Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan IV Tahun 2020 yang digelar di Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara (Puslatbang KMP LAN) Makassar, Jumat (13/3/2020).

Indah di hadapan 60 peserta pelatihan yang beras dari Papua, Kalimantan, Sulawesi, Sumatera dan Kementerian menerangkan, kepemimpinan kewirausahaan dikatakan sebagai kemampuan seorang pemimpin untuk mengorganisir sekelompok orang yang bekerja dalam organisasinya untuk mencapai tujuan bersama. Dimana secara birokrasi, metode kepemimpinan kewirausahaan menuntut kemampuan untuk melihat berbagai peluang yang ada, demi tercapainya visi misi organisasi termasuk menciptakan berbagai pelayanan publik bagi masyarakat yang akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat.

“Tipe kepemimpinan kewirausahaan adalah cepat dan berani mengambil keputusan. Pilih kegiatan yang berkontribusi pada pencapaian tujuan organisasi. Contoh, seorang eselon II di Pemerintah Provinsi dengan berbagai agenda lebih memilih untuk berangkat ke Seko dengan agenda meninjau pembukaan jalan, dampak dari agenda itu, masyarakat akhirnya merasakan kenaikan harga komoditi yang berimbas pada peningkatan kesejahteraan. 1 agenda namun berkontribusi banyak,” terang Indah.

Tidak hanya itu, mantan Dosen Universitas Indonesia itu juga menjelaskan, implementasi dari kepemimpinan kewirausahaan dalam pembangunan daerah akan berdampak pada kemajuan daerah.

“Implementasi kepemimpinan kewirausahaan adalah menciptakan lapangan pekerjaan, meningkatkan pendapatan daerah, meningkatkan taraf hidup masyarakat, dan mengurangi kesejangan ekonomi dan sosial, hanya saja memang hari ini tantangannya adalah sumber daya manusia birokrasi relatif kurang memahami konsep kewirausahaan, oleh karena itu peningkatan SDM sangat perlu untuk dilakukan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Bupati perempuan pertama di Sulsel ini merupakan salah satu narasumber yang kerap mengisi materi dalam setiap kegiatan pelatihan yang digelar oleh Lembaga Administrasi Negara. Tahun 2020 merupakan tahun ke enam bagi pemilik sapaan IDP ini menjadi pemateri dimana tahun ini menjadi tahun ketiganya menjadi narasumber di kelas nusantara, yang diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari pimpinan tinggi pratama dari berbagai instansi baik pemda hingga kementrian dan lembaga. (Rani.cls)

EDITOR- HAMSAH.

Komentar